Tips Mendidik Anak agar Tumbuh Percaya Diri

Percaya diri adalah salah satu life skill yang bisa ditumbuhkan sejak dini. Tidak semua anak bisa dengan mudah untuk percaya diri lho??? So, sebagai orang tua, kita mesti membantunya untuk dapat percaya diri. Banyak anak-anak yang tidak percaya diri disebabkan oleh lebih banyak informasi negatif yang mereka terima, ketimbang informasi positif tentang dirinya. Studi telah membuktikan, bahawa setiap hari anak mendengarkan kata-kata negatif dari lingkungan sebanyak 460 kali, dan hanya 75 kali per hari mendengarkan kata pujian atau kata-kata positif. Sehingga Kita butuh cara efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak.
Jika anak anda berusia 3 tahunan, anda bisa melakukan aktivitas berikut ini, agar anak anda tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Kegiatan yang bisa diakukan, yaitu Membangun Kota Kecil dalam Rumah
Kegiatan sederhana ini akan sangat membantu buah hati anda dalam mengembangkan imajinasinya. Padahal, imajinasi adalah kemampuan otak kanan yang harus diasah untuk bisa meraih sukses nantinya. Woooow, dahsyat. Dengan kegiatan ini, anak akan menuangkan apa yang telah dilihatnya di lingkungan luar dan membangun sebuah kota kecil dalam rumah. Bahan yang anda sediakan sangat gampang diperoleh, yaitu kardus berukuran beda-beda, spidol, dan isoasi atau lakban.

membangun sikap percaya diri pada anak

Bersama buah hati, silahkan anda kumpulkan berbagai kardus bekas yang bersih untuk kemudian dibuat sebagai bangunan-bangunan kecil. Ajaklah anak anda untuk memberi nama pada setiap kardus sebagai sebuah bangunan tertentu, misalnya “toko sepeda”, ‘toko mainan”, “sekolah”, dll. Selain memberi nama, anda juga bisa menggunakan gunting, untuk membuat pintu dan jendelanya.
Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan dan diskusi bersama buah hati anda, lakukan beberapa aktivitas buatan ditengah kota tersebut. Jika kota buatannya cukup besar, anak bisa menggunakannya untuk bermain keuar masuk kota. Sungguh sebuah aktivitas yang menyenangkan pastinya…..
Fariasi lain
Selain itu, anda juga bisa mengajak anak anda untuk menghias bangunan yang telah dibuatnya, menarok beberapa mobilan dipinggir jalan, dan berbagai mainan lainnya. Perlu diketahui, aktivitas seperti ini akan membangun rasa  kepemilikan dan kemandirian sang anak, dan merupakan batu loncatan untuk menggapai rasa percaya diri yang lebih besar tentunya.
Emmm, rasanya wajar apa yang dikatakan oleh pujangga, “tak ada masa yang paling menyenangkan kecuali saat bermain dengan anak”. Hehehhe. Demikian postingan kai ini, semoga memberikan manfaat, jika tulisan ini memberikan kebaikan, silahkan bagikan kepada orang lain

Posting Komentar