KISI- KISI UJIAN NASIONAL 2013

Semua guru tentunya sudah memahami tentang kisi-kisi soal. Sebelum menyusun soal maka seharusnya seorang guru menyusun kisi-kisi soal berdasarka indikator-indikator yang telah disusun dalam silabus. Sehingga soal yang dibuat dapat menguji kemampuan teste (peserta tes) dari semua indikator telah ditentukan. Memang panjang jalurnya akan tetapi hal ini harus dilakukan untuk mendapatkan soal yang baik. Itupun sebelum soal digunakan harus di uji coba terlebih dahulu dan dianalisis untuk mengetahui reliabilita, validitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal (jika anda menginginkan sowtware analisis soal silahkan download dengan membuka kategori analisis soal sebelah kanan ini).
Kisi-kisi Ujian nasional baik SD, SMP, SMA, maupun SMK saat ini sudah disosialisasikan untuk dapat dipelajari guru maupun siswa. Dengan adanya kisi-kisi soal ini guru akan dapat lebih fokus membimbing siswa untuk menghadapi ujian nasional tahun 2013 ini. Kabar yang sudah menyebar, bahwa soal ujian nasional tahun 2013 terdiri dari 20 soal yang berbeda. Mengingat peserta ujuan setiap ruangan maksimal terdiri dari 20 peserta, maka setiap siswa dalam satu ruangan akan mendapatkan soal yang berbeda yang tentunya kisi-kisinya sama. Dari pengalaman sebelumnya, soalnya sama hanya nomor urutnya yang berbeda hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan siswa dengan mencontek teman sebelahnya.
Yang perlu dipahami dan harus diupayakan adalah siswa menguasai konsep sehingga siswa benar-benar dapat mengerjakan soal dengan benar. Salah satu usaha yang harus dilakukan guru adalah BEDAH SKL. Dengan cara bedah SKL ini akan memudahkan guru untuk membimbing siswa menuju keberhasilan yang hakiki, bukan untuk meluluskan siswa dengan hal yang kurang terpuji tapi mendorong siswa untuk lulus dengan kemampuannya sendiri. Untuk mendownload kisi kisi soal silahkan klik di bawah ini:
kisi-kisi-smp-smasmk-plb-2012-.html

Posting Komentar