Informasi Seputar Ujian Nasional

Walaupun pelaksanaan ujian nasional masih perlu terus diperbaiki / disempurnakan, namun Pemerintah tetap merencanakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2013. 
UN 2013 tetap dijalankan dengan sejumlah perubahan dilakukan, diantaranya diberiakannya 20 paket variasi soal UN 2013 untuk SMU sederajat dan 10 paket soal untuk SMP sederajat, hal ini berbeda dengan UN tahun 2012 yang hanya diberikan lima variasi soal. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, saat memberikan keterangan pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis (11/10/12), menegaskan bahwa UN secara legal yuridis pelaksanaannya berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah. Kemudian dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya. “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan.
Jika pada tahun 2012 ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal. Teknisnya menurut Menteri setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta. Adapun terkait standar kelulusan, Mohammad Nuh mengatakan, tetap di angka 5,5 menjadi tidak dinaikkan menjadi 6, seperti wacana sebelumnya. Formulasi pada tahun 2013 kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar. “Masih belum, akan kami matangkan bersama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Pemikiran untuk meningkatkan ada, dengan kemungkinan tingkat kesulitan,” katanya.

Posting Komentar